PKS Kalbar

Permainan Tradisional Meriahkan Milad 19 PKS Kota Pontianak

0 142

PONTIANAK – Gebyar Milad ke-19 PKS Kota Pontianak semakin meriah karena menghadirkan lomba permainan tradisional. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Pontianak Tenggara pada Ahad (30/4) tersebut diikuti oleh puluhan anak kader dan simpatisan PKS.
Antusiasme anak – anak sangat besar karena sebagian dari mereka belum pernah melihat atau memainkan permainan yang sudah disiapkan oleh panitia diantaranya engrang, bakiak batok kelapa, guli atau kelereng, ketapel, buah lima dan congklak.
Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), Muharni Albari mengatakan bahwa lomba ini untuk mengenalkan anak – anak akan permainan tradisional yang sudah lama ditinggalkan oleh generasi muda karena tergeser dengan permainan moderen yang bersifat instan dan digital.
“Karena anak – anak sekarang lebih banyak mengenal permainan online yang sering diakses melalui gadget ataupun smartphone, sehingga lambat laun mereka akhirnya tidak mengenal permainan tradisional mereka sendiri,”ujar tokoh perempuan yang akrab disapa Nani disela-sela kegiatan.
Nani juga menambahkan melalui permainan tradisional ini, anak dapat memaksimalkan potensi anak serta sosialisasinya dengan teman sebaya karena hal seperti itu tidak bisa didapatkan lewat permainan gadget yang hanya mengandalkan sentuhan jari.
“Permainan merupakan bagian mutlak dari kehidupan dan proses pembentukan kepribadian anak tanpa di sadari akan sangat bermanfaat bagi pencapaian perkembangan baik fisik, intelektual,sosial moral dan emosional. Banyak jenis permainan tradisional yang mendatangkan manfaat positif bagi perkembangan jiwa seseorang yang dapat mengasah kecerdasan emosional dan karakter,” katanya.
Namun, nani mengingatkan agar para orangtua juga harus memberikan contoh yang baik bila ingin mengurangi atau membatasi anak yang ingin bermain gadget.
“Anak itu melihat orang di sekitar, kalau bapak dan ibunya asyik terus dengan gadget, susah buat anak untuk tidak tertarik.” tegasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.